Penyakit Alzheimer

Penyakit alzheimer itu suatu gangguan otak atau demensia (pikun) yang menahun, terus berlanjut, dan tidak dapat kemblai sepeti semula lagi, tidak ada penyebab pasti, tidak ada pengobatan yang tepat dan sampai sekarang tidak ada obat yang dapat diharapkan.

Demensia itu kemunduran fungsi intelektual dalam berbagai hal yang cukup berat sehingga mengganggu aktivitas kehidupan sehari-hari, karir, hubungan sosial maupun aktiviatas sosial penderitanya. Demensia menyebabkan perubahan kepribadian, kehilangan daya ingat dan pikir dan kesulitan dalam berfikir abstrak maupun berorientasi.

Kata demensia secara harafiah berarti hilang ingatan atau pikun. Penyakit demensia merupaakan hasil proses satu atau lebih penyakit yang dapat secara drastis mengubah tingkah laku seseorang dan secara bertahap merusak daya pikirnya maupun kehidupan seluruh keluarganya. Penyakit alzheimer diperkirakan menjadi penyebab utama demensia yang tidak dapat disembuhkan pada pria maupun wanita di atas usia 65 tahun.

Di Inggris terdapat kurang lebih 7,5 juta orang yang berusia di atas 65 tahun. Di antara populasi ini, lebih dari 750.000 orang mungkin menderita penyakit alzheimer. Statistik menunjukkan data yang hampir sama pada negar-negara maju yang memiliki umur harapan hidup mencapai 65 dan 70 tahun.

Meskipun penyakit alzheimer biasanya muncul pada seseorang yang berusia tengah 60-an dengan jumlah yang meningkat secara nyata pada usia 80-an, penyakit alzheimer ini dapat juga mengenai orang-orang yang berusia 40-50 tahun. Jadi bukan penyakit khsusu untuk orang-orang berusia tua atau sangat tua.

Sementara ini sejumlah penderita alzheimer terus tinggal dalam lingkungan yang didukung oleh kerabat, saudara maupun pelayanan masyarakat. Diperkirakan penderita alzheimer menempati sekitar 60% tempat tidur yang ada di rumah-umah perawatan.

Sebagai penyebab utama kematian bagi orang-orang tua diatas usia 75 tahun, karena itu penyakit alzheimer disebut sebagai penyakit abad kedua puluh. Mungkin menjadi penyakit abad kedua puluh satu bila jumlah populasi di atas usia 85 berlipat ganda. Satu dari tiga orang di antara kita mungkin memiliki saudara yang menderita penyakit alzheimer.

Penyakit alzheimer juga digambarkan sebagai pemakaman yang tidak pernah usai, mimpi buruk tempat Anda tidak pernah bangun lagi, alias penyakit gila, epidemik tanpa suara atau kematian pikiran secara perlahan.


=====================================

>>> Vitabrain Untuk Terapi Pengobatan Penyakit Alzheimer, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyakit Alzheimer and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>