Penyakit Alzheimer Pada Lansia

Penyakit Alzheimer pada lansia mengenai sekitar 10% orag berusia di atas 65 tahun dan antara 25-40% diantaranya berusia di atas 85 tahun. Sekitar 50% kasus demensia berat disebabkan oleh penyakit Alzheimer (sebagian besar kasus sisanya disebabkan oleh demensia multiinfrak, baik sebagai peyakit tunggal atau disertai penyakit alzheimer).

Penyakit Alzheimer Pada Lansia

Penyakit Alzheimer Pada Lansia

Patofisiologi Penyakit Alzheimer Pada Lansia

Terdapat dua gambaran khas yang ditemukan dalam otak pasien penyakit Alzheimer pada lansia :

  • Plak senilis yang terdiri atas deposit ß-amilod ekstraselular, suatu peptida yang dibentuk oleh pembelahan prekursor protein ß-amilod (lokus genetik 21q21-22). Deposit beta-amilod abnnormal juga ditemukan dalam pembuluh darah.
  • Kekusutan neurofibriler adalah gumpalan serabut abnormal yang padat dalam sitoplasma neuron yang mengandung suatu bentuk berbeda dari protein yang berhubungan dengan mikrotubulus, yaitu t. Baik plak senilis maupun kekusutan neurofibriler tidak spesifik bagi penyakit Alzheimer. Keduanya didapatkan didapatkan juga pada keadaan serebral kronis dan bisa ditemukan pada manula tanpa menderita demensia.

Etiologi penyakit alzheimer

Faktor risiko dari penyakit alzheimer adalah

  • Bertambahnya usia
  • Trauma kepala
  • Sindrom Down (trisomi 21) dan
  • Kerentanan genetik

Riwayat keluarga bisa didapatkan pada 30-50% kasus. Bentuk familial yang jarnag berupa penyakit Alzheimer dengan onset di usia muda diturunkan dengan pola dominan autosomal yang terbukti berhubungan dengan kromosom 21 dan pada sebagian kasus dengan kromosom 14. Telah dilaporkan adanya hubungan antara penyakit Alzheimer onset lambat yang sporadis dan familial dengan polimorfisme gen apoliporpotein E pada kromosom 19.

Pertama dan paling penting adalah kemungkinan alzheimer meningkat sesuai usia. Dengan bertambah umur ada peningkatan munculnya gejala alzheimer. Penyakit alzheimer bisa mengenai baik pria dan wanita dari seluruh etnis di dunia.

Ada dua tipe Penyakit Alzheimer Pada Lansia  yaitu familial (onset dini) dan sporadis (onset lambat). Alzheimer tipe familial lebih jarang dan menyerang sekelompok kecil orang pada usia muda, biasanya sebelum berusia 50 tahun. Adnaya komponen genetik yang kuat yaitu mutasi pada gen 21, 14 dan 1 menyebabkan perubahan ke dara. Adanya komponen genetik yang kuat yaitu mutasi pada gen 21, 14 dan 1 menyebabkan perubahan ke arah alzheimer sebagaimana tertuang dalam jurnal Neurology tahun 1998.

Alzheimer tipe sporadis (late-onset) merupakan tipe yang paling banyak ditemukan. Alzheimer ini menyerang orang lanjut usia terutama seetlah mencapai usia 65 tahun. Gen yang disebut Apo E pada kromosom 19 diketahui sebagai penyebab faktor risiko penyakit alzheimer.

Gejala penyakit alzheimer pada lansia sangat susah untuk dipastikan. Namun, biasanya penyakit alzheimer ini berhubungan adanya suatu penilaian, ingatan dan juga berpikir, sehingga orang tua yang mengalami penyakit ini menunjukkan suatu gejala seperti sulitnya untuk melakukan suatu pekerjaan. Mereka juga kadang sulit untuk melakukan kehidupan sehari-hari mereka.

Dan walaupun penyakit alzheimer pada lansia ini sulit untuk dikenali, namu ada beberapa hal yang menjadi pencetus resiko dari orang yang mempunnyai kondisi dan resiko lebih besar untuk terserang penyakit alzheimer. Yakni adalah orang yang mengalami hipertensi atau darah tinggi di usia 40 tahun ke atas. Dan selain itu juga, untuk penderuta kencing manis juga mempuyai resiko untuk terserang penyakit alzheimer. Kurangnya melakukan aktivitas olahraga dan kadar kolesterol yang tinggi juga merupakan salah satu faktor pemicu alzheimer.  Selain itu juga, faktor genetik atau faktor keturunan menjadi salah satu penyebabnya dimana jika di dalam keluarga mempunyai riwayat mengalami gangguan alzheimer, maka biasanya orang terdekat juga akan menderita penyakit alzheimer ini.

Karena gejala penyakit alzheimer sangat sulit untuk dikenali, maka sebaiknya pencegahan yang dilakukan adalah dengan beberapa cara seperti :

  1. Memastikan tingkat dari kolesterol dan juga homocysteine Anda agar tetap dalam keadaan normal. Dan disaat Anda sudah menemukan tingkat kolesterol atau homocysteine, maka hal yang selanjutnya dilakukan adalah Anda harus memperhatikan tekanan darah tinggi Anda. Jika tekanan darah tinggi Anda mengalami kenaikan, maka sebaiknya turunkan dengan cara yang alami.
  2. Jangan kerja terlalu keras, sebaiknya hindari kerja lembur karena bisa mengubah pola hidup Anda. Lembur bisa menyebabkan anda sedikit mendapatkan waktu untuk melakukan olahraga dan Anda pasti akan cenderung mengonsumsi makanan yang kurang sehat.
  3. Dan pencegahan lainnya adalah melakukan olahraga dengan teratur. Karena akan membantu Anda menjaga kesehatan agar tetap dalam keadaan segar dan sebaiknya juga melakukan aktivitas yang bisa membantu untuk merangsang pikiran. Aktivitas ini bisa Anda lakukan dengan cara mendengarkan radion. Dan selain itu juga, anda bisa mengisi waktu luang Anda dengan membaca koran, mengisi teka-teki serta kegiatan yang lainya. Dan hal ini sudah terbukti bahwa mereka yang melakukan aktivitas yang bisa membantu merangsang otak mempunyai kemungkinan lebih kecil resikonya untuk terserang penyakit alzheimer.

Penyakit Alzheimer Pada Lansia

Cara Pemesanan Obat Alzheimer

Obat Alzheimer Tradisional, Herbal dan Alami untuk Membantu Meringankan Alzheimer, Melancarkan Aliran Darah Ke Otak, Meningkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi

Harga Obat Alzheimer

Harga Obat Alzheimer

Harga Obat Alzheimer

Harga Obat Alzheimer 1 Botol Isi 60 Kapsul = Rp.145.000,-

(Untuk Pemakaian 10-20 Hari)

garis

Paket HEMAT Setiap Beli 3 Botol GRATIS 1 Botol

Paket Hemat Obat Alzheimer yang alami

Paket Hemat Obat Alzheimer yang alami

Paket HEMAT Setiap Beli 3 GRATIS 1 Total Rp.580.000 Jadi Rp.435.000

(Dapat 4 Botol dan Hemat Rp.145.000)

(Untuk Pemakaian 40-60 Hari)

cara-pemesanan-cepat

Cara Pemesanan Cepat Obat Alzheimer:

SMS ke 0818-0773-0772 , tuliskan : Pesan SupleOta Obat Alzheimer, Jumlah Botol yang dipesan atau Beli Berapa Paket Hemat 3botol gratis 1botol, Nama Anda, Alamat Kirim Lengkap dan Pembayaran Via Bank Apa


=====================================

>>> Obat Alzheimer Untuk Terapi Pengobatan Penyakit Alzheimer, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyakit Alzheimer and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.